Rabu, 07 Januari 2015

IBD DAN SASTRA

ILMU BUDAYA DASAR DAN SASTRA

A. PENDAHULUAN
 
Di Indonesia istilah Ilmu Budaya Dasar di kembangkan sebagai pengganti istilah basic "humanitiesm" atau dalam bahasa Inggris "the humanities" yang artinya manusia, berbudaya dan halus. Dalam bahasa Latin yaitu "humnus". Di harapkan seseorang akan menjadi lebih berbudaya, lebih halus dan lebih manusiawi dengan mempelajari the the humanitis.
Sastra dalam arti khusus itu bisa kita gunakan dalam kebudayaan adalah akspresi dan isa hati dari perasaan manusia yang diungkapkan dalam bentuk pandangan cerdas yang di tuangkan dalam bentuk sesuatu hal yang mencerminkan sebuah keindahan secara morfologis.

B. PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR ( IBD )

 Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang dapat diharapkan dalam memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

  • Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan :
  1. Kebudayaan antar umat manusia sangat beragam.
  2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran.
  3. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi.
  4. Kebudayaan berstuktur dan terbagi dalam aspek kesenian, bahasa dan adat istiadat budaya daerah dan budaya nasional.
 
  • Tujuan Ilmu Budaya Dasar :
  1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya.
  2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas serta mengembangkan pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan da budaya.
  3. Mengusahakan mahasiswa agar tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan perkotaan disiplin yang tidak ketat.
  4. Megusahakan wahana komunikasi para akademis agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.

  
C. PENGERTIAN SASTRA

Sastra ( Sanskerta: shastra ) merupakan serapan dari bahasa sanskerta "sastra" yang berarti teks yang mengandug instruksi atau pedoman. Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti keindahan atau keindahan tertentu.

Sastra dibagi menjadi 2 yaitu prosa dan puisi. Prosa adalah karya sastra yang tidak terikat sedangkan Puisi adalah karya sastra yang terikat dengan kaidah dan aturan tertentu.

  •  Peranan Sastra Dalam Kehidupan
 Segala sesuatu yang bila digunakan dengan bahasa adalah termasuk dalam sastra. Hampir semua sektor kehidupan, seluruh aktivitas manusia tak bisa membebaskan diri dari bahsa dalam menumbuhkan dan mengembangkan dirinya. Dengan cakupan yang begitu dahsyat sangat tidak mungkin tidak berguna. Demikianlah mahasiswa yang sedang menekuni berbagai jurusan akan selalu berhubungan dengan bahasa.


D. SASTRA DALAM ILMU BUDAYA DASAR ( IBD )

Masalah sanga erat hubungannya dengan Ilmu Budaya Dasar, karena materi-materi yan di ulas oleh Ilmu Budaya Dasar ada yang berkaitan denga sastra. Budaya Indonesia sanga menunjukan adanya sastra dan seni didalamnya. Latar belakang IBD dalam konteks budaya, negara dan masyarakat Indonesia sangat barkaitan dengan masalah berikut :
  1. Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas suku bangsa dan budaya yang beragam yang tercermin dalam aspek kebudayaanya.
  2. Proses pembangunan yang sedang berlangsung dan terus menerus menimbulkan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan sistem nilai kebudayaan.
  3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia dan konflik akan tata budayanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar